Get Gifs at CodemySpace.com

Jumat, 01 Juli 2011

Hubungan Antara Inovasi & Kewirausahaan

Jiwa kewirausahaan ada pada setiap orang yang menyukai perubahan, pembaharuan, kemajuan dan tantangan, apapun profesinya. Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (kreatif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam memberikan nilai lebih. Oleh karena itu antara kewirausahaan dan inovasi memiliki hubungan yang sangat erat dalam menciptakan suatu produk yang unggul.
Contoh Produk yang Telah Melakukan Inovasi
 Nama produk: Deskbook
Produsen komputer, Advan,memperkenalkan komputer personal (PC) hemat energi, hanya listrik 65 watt. Inovasi ini bisa meramaikan kembali pasar komputer. Mereka memperkenalkan produk yang merupakan inovasi baru bernama deskbook. Produk ini sangat hemat energi.
Deskbook merupakan perpaduan dari notebook dan desktop yang dirancang khusus untuk mengurangi pemakaian kabel yang selama ini dianggap tidak efisien. Produk dirancang dengan kemudahan proses instalasi dan desain futuristik, dengan fitur yang tergolong lengkap. Yang terpen
ting harganya terjangkau untuk kelasnya.
Deskbook menggunakan CPU (Central Processing Unit) yang terintegrasi dengan LCD monitor, DVD room, USB port, Lan port, dan stereo speaker. Produk itu dapat digunakan di atas meja ataupun digantung di dinding sehingga mampu menghemat tempat dan dapat dipindahkan dengan mudah. Selain itu, sudut kemiringan dapat diatur bahkan hingga 135 derajat. Besar daya yang diperlukan hanya 65 watt. Bandingkan dengan PC biasa membutuhkan daya mencapai 400 watt.
Advan memberikan tiga varian pilihan bagi konsumennya yaitu untuk layar monitor sentuh 14 inch (DC-40T), 15,4 inch (D5C-38/39), dan 17 inch (D7T-80/2G). Harga dibanderal pada kisaran Rp3 jutaan dan unit terintegrasi modem internet.
Dengan disain yang bagus, Anda tidak akan menemukan casing CPU dalam fisiknya. Hanya LCD monitor dan keyboard, namun komputer bisa hidup. Sebab, CPU, DVD ROM, USB port, LAN port, stereo speaker dan lainnya sudah terintegrasi atau built-in dengan LCD
Monitor. Terobosan yang sangat inovatif ini merupakan yang pertama di Indonesia, sehingga membuat Deskbook berbeda dengan generasi PC sebelumnya.
 Nama produk: LAPAK Jaket
Inovet adalah salah satu usaha konveksi rumahan yang dirintis oleh dua anak muda pada tanggal 6 September 2008 dengan bermodalkan semangat dan modal secukupnya. Mereka mendirikan konveksi ini berdasarkan dari perkembagan Industri kendaraan bermotor khususnya Kendaraan Roda dua / Motor yang produksinya terus meningkat, atas dasar keberanian dan tekad bulat serta semangat, merekapun mendirikan usaha konveksi ini. Awalnya mereka hanya memproduksi jaket WATERPROOF yang model serta bahannya yang uptodate dan anti air, dari situ lah para klien merasa puas atas design dan kualitas bahan yang baik, maka mereka diminta untuk membuatkan jaket lain dengan bahan yg lain, akhirnya mereka membuatkan beberapa jaket Formal Kantor dimulai dari klien mereka ( PT Media Satu, Asuransi CIGNA, HONDA REVO CLUB ) dan berkembangnya waktu dan klien puas dengan hasil kerjaan mereka maka merekapun dipercaya oleh PT MEDCO ENERGY untuk membuatkan jaket formal tersebut dan sampai dengan hari ini sudah banyak klien yang puas akan hasil kerjaan mereka.
Produk inovatif dari Inovet seperti jaket MULTIFUNGSI yaitu jaket yang tidak hanya bisa digunakan untuk Jas hujan tetapi juga bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Berbeda dengan jas hujan biasa yang hanya bisa digunakan pada saat hujan saja. Semua jaket yang dikerjakan mengandung bahan yang berkualitas terbaik dengan harga kompetitif. Semua jenis jaket bisa dilayani oleh Inovet sesuai dengan pesanan.
Sample Produk
Lapakjaket antibara api Lapakjaket waterproof
Klien CIGNA Jaket Angkatan (Sekolah dan Kampus)
CIGNA insurance jaket semi formal
Dampak Inovasi Bagi Perusahaan
Inovasi merupakan terobosan baru atas produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Pada dasarnya, inovasi adalah suatu hal yang dilakukan perusahaan atau siapapun untuk memberikan kemudahan dan manfaat yang lebih unggul dibandingkan dengan produk/barang yang lama. Dengan demikian, inovasi sangat memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan perusahaan dalam meraih keuntungan. Namun hal tersebut tidak mutlak demikian. Kesuksesan dari inovasi yang dilakukan tergantung pada penjualan produk yang berdasarkan pada pemuasan kebutuhan yang dipersepsikan oleh pengguna. Jika inovasi yang dilakukan berhasil memikat banyak pelanggan dan menguasai pasar, maka usaha tersebut bisa dibilang sukses dalam memenangkan kompetisi yang terjadi dengan produsen lainnya yang juga sedang menciptakan banyak perubahan baru untuk kemajuan perusahaannya. Dengan demikian, produk yang dihasilkan harus terus mengalami perubahan dan inovatif untuk menunjang kelancaran bisnis pada produk yang dipasarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar