Get Gifs at CodemySpace.com

Kamis, 30 Juni 2011

Pengertian / Arti Apache

Apache
Apache merupakan Web server open source yang tersedia di berbagai platform, termasuk Linux & Windows. Web server ini terkenal cukup handal dan banyak digunakan oleh sebagian besar Website yang ada di Internet. Selain kuat dan tangguh, Apache juga dapat diperoleh dengan gratis. Namun kekurangannya di bagian tampilan grafis mengharuskan Anda untuk memahami dasar-dasar konfigurasi dan instalasi secara teks. Apache biasanya telah disertakan dalam setiap instalasi sistem operasi berbasis Linux. Apache bisa diperoleh di http://www.apache.org.

Proses instalasi sangat sederhana sekali, yaitu:
a.       Ambil file distribusi Apache untuk Win32 di http://www.apache.org/dist/binaries/win32. Biasanya berupa file exe yang siap di instal.
b.      Jalankan file exe Apache.
c.       Klik Next sekitar 4-5 kali untuk menyelesaikan semua proses instalasi.
d.      Pada saat instalasi pilih instalasi typical.
e.       Setelah selesai Apache tersimpan di directory c:\program files\apache group\apache.


Bagian yang paling menyebalkan bagi pengguna fanatik Windows adalah mengedit file konfigurasi Apache di c:\program files\apache group\apache\conf\.

Gunakan teks editor untuk mengedit file httpd.conf. Beberapa  parameter yang mungkin perlu di ubah seperti:

Parameter httpd.conf
Di ubah menjadi
ServerAdmin you@your.address
ServerAdmin anda@webanda.com
#ServerName new.host.name
ServerName localhost

Setelah itu, Web server Apache sudah dapat Anda gunakan. Buka Web browser dan tulis http://127.0.0.1/ atau http://localhost/ pada kotak alamat untuk memastikan Web server sudah aktif dan bisa menampilkan halaman Web default.

Apache mempunyai banyak fasilitas termasuk virtual host yang dapat di set melalui httpd.conf.
Berikut ini akan kami rangkumkan secara umum konfigurasi web server

Langkah – langkah konfigurasi web Server
A.    Mendefinisikan Web Site
1.       Jalankan program Internet Service Manager yang telah terinstal di komputer server dengan cara klik tombol Star > Program > Administrative Tools > Internet Service Manager.
2.       Dari tampilan program IIS, kemudian buat sebuah web site dengan langkah klik tombol action hingga muncul menu, lalu pilih New >>Web Site.
3.       Kemudian muncul ucapan selamat datang pada program panduan (wizard) untuk membuat web site , lalu pilih tombol Next hingga muncul tampilan.Untuk bagian description isi nama web site yang akan kita buat, misalnya : movingcel.com lalu pilih next :
4.       Selanjutnya pilih tombol next, hingga muncul tampilan menu untuk pemilihan IP Address dan nomor port untuk web site,
5.       Pada langkah berikutnya pilih tombol Next, hingga muncul menu untuk memilih lokasi direktori tempat menyimpan data data web site. dengan Lokasi direktori data web site di c:\inepub\wwwroot
6.       Berikutnya pilih tombol Next, hingga muncul tampilan pengaturan hak akses web seperti . Pilih dengan memberi tanda centang. Saat ini kita pilih read, run script, excekute dan browse.
7.       Selanjutnya pilih tombol Next, hingga muncul konfirmasi bahwa proses pembuatan web site secara terpandu sudah selesai, lalu tekan tombol finish untuk mengakhirinya
8.       Setelah menekan tombol finish, maka akan kelihatan pada program IIS akan muncul nama web site yang dibuat dengan sejumlah file dan direktori yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar