Get Gifs at CodemySpace.com

Kamis, 30 Juni 2011

Pengertian /Arti Sambar

  
Sambar merupakan Web server yang jauh lebih kompleks di bandingkan Xitami & PWS. Salah satu fasilitas yang saya paling suka dari sambar adalah adanya search engine, selain virtual server dll. Sambar merupakan freeware (gratis) yang dapat di download di http://www.sambar.com.

Proses instalasi sangat sederhana sekali, yaitu:
a.       Ekstrak file sambar*.zip yang di download dari www.sambar.com
b.      Jalankan setup.exe.
c.       Klik Next sekitar 4-5 kali untuk menyelesaikan semua proses instalasi.
d.      Pada saat instalasi pilih instalasi typical.
e.       Setelah selesai sambar akan tersimpan di directory c:\sambar50.

Sambar sudah langsung beroperasi & dapat di akses pada http://localhost atau http://127.0.0.1. File HTML anda perlu dimasukan ke directory c:\sambar50\docs. Status / kondisi server dapat dengan mudah dilihat pada icon sambar yang ada di pojok kanan bawah di desktop anda. Tampak pada gambar adalah properti icon sambar jika kita klik, semua transaksi Web yang terjadi dapat dengan mudah terlihat.





Berbagai dokumentasi & administrasi Sambar dapat di akses melalui Web pada http://localhost atau http://127.0.0.1 seperti tampak pada gambar. Saya sangat menyarankan untuk membaca baik-baik dokumen yang ada sebelum secara serius menjalankan Sambar. Untuk melihat administrasi Web server Sambar, dapat di-klik kata-kata “System Administration” dan masukan user admin, password kosong.



Fasilitas administrasi yang demikian kompleks dapat kita lihat setelah memasukan username admin & password kosong pada link “System Administration”. Yang jelas akan banyak kita pakai adalah Server Configuration, System Management, User Configuration & Search Engine.



Beberapa hal seperti virtual host yang akan sangat bermanfaat untuk Web Server yang multihoming telah sangat dimudahkan setup-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar