Get Gifs at CodemySpace.com

Kamis, 30 Juni 2011

Pengertian / Arti Xitami

Xitami

Xitami adalah web server untuk beberapa sistem operasi, baik Windows 3.x, Windows 9x, Windows NT, OS/2, Digital OpenVMS, serta UNIX dan variannya. Xitami dapat di ambil di beberapa tempat seperti http://www.imatix.com, http://www.xitami.com maupun mirror site-nya di ftp.nlbox.com/xitami (US), http://users.skynet.be/sky3743 (Belgia), http://mmc.unam.mx/server/ (Mexico), dan http://std.siamu.ac.th/imatix (Thailand). Untuk Windows98 anda membutuhkan file bw3224d9.exe untuk Xitami versi 2.4d9, sukur-sukur jika memperoleh versi terbaru.

Proses instalasi sangat sederhana sekali, yaitu:
a.       Jalankan bw3224d9.exe.
b.      Tekan Next sekitar 6 kali maka Xitami akan terinstall di c:/xitami.
c.       Yang perlu anda masukan hanya username & password untuk adminitrator Web.


Properties Xitami terdapat pada pojok kanan bawah, yang jika di klik akan tampak seperti pada gambar.



Setup Xitami dapat dengan mudah dengan meng-klik tombol setup pada property Xitami di atas dan masukan username & password administrator Xitami yang tadi kita isikan pada waktu meng-install server.




untuk aplikasi standar, setup-nya terdapat di bagian configuration. Bagi anda yang cukup advance dapat mulai mengkutak-katik fasilitas virtual host di Xitami yang memungkinkan sebuah server Web Xitami melayani beberapa situs Web sekaligus secara virtual. Tampak pada gambar adalah fasilitas configuration yang normal dari Xitami.



Terlihat dari konfigurasi standar Xitami, maka file HTML diletakan pada webpages (atau c:/xitami/webpages). Sedang script / program Common Gateway Interface (CGI) diletakan pada directory cgi-bin (atau c:/xitami/cgi-bin). Beberapa contoh program CGI diberikan oleh Xitami ada di directory c:/xitami/cgi-src.

Dokumentasi Xitami terdapat di halaman c:/xitami/webpages yang bisa di baca menggunakan browser anda pada http://localhost atau http://127.0.01. Yang menarik Xitami memberikan fasilitas FTP server untuk upload file melalui Internet, setting FTP ada file c:/xitami/ftp*.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar